Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Google Hentikan Halaman Pencarian Khusus Linux dan BSD

H-Online – Google telah menghentikan halaman pencarian khusus Linux dan BSD. Layanan yang sebelumnya beralamatkan di google.com/linux dan google.com/bsd itu menawarkan pencarian dengan batasan topik tertentu. Kini pengguna diredirect langsung ke google.com/webhp, halaman pencarian Google yang standar.

Dalam pernyataan kepada Search Engine Roundtable, juru bicara Google mengnkonfirmasi penutupan tersebut dengan mengatakan “Layanan ini sudah ada beberapa tahun yang lalu guna menawarkan pencarian pada index terbatas di web, yang dahulu merupakan cara yang terbaik untuk menemukan informasi. Saat ini, kualitas pencarian sudah berkembang pesat, dan berdasarkan analisa kami anda akan lebih baik unuk mencari informasi tertentu menggunakan kotak pencarian Google yang biasa. Contohnya dengan mengetikkan [linux fedora upgrade]”. Pengguna dapat menemukan tips pencarian lebih lanjut untuk membatasi pencarian mereka hanya pada situs atau tipe informasi tertentu di  Help Center Google.

Beberapa pencarian khusus lain juga dihentikan, termasuk Google Microsoft, Google Mac dan Google Uncle Sam, yang terakhir ini seringkali digunakan oleh warga negara, pemerintah dan pegawai federal untuk mencari informasi di situs-situs pemerintah Amerika Serikat. Dalam sebuah posting di Forum Support Google, Manager Product Pencarian, Rishi K. meminta maaf atas kurangnya komunikasi yang diberikan oleh Google berkaitan dengan penutupan halaman-halaman pencarian khusus tersebut karena sama sekali tidak ada pemberitahuan resmi sebelumnya.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com