Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Apache Lucene/Solr 3.2 Dirilis

H-Online.Com – Proyek Apache Lucene telah mengumumkan rilis versi 3.2 dari Lucene dan Solr, mesin pencari full text dan platform pencarian yang dibangun diatasnya. Pembaruan yang tampak adalah Lucene menyertakan sebuah modul pengelompokan baru yang memungkinkan hasil dikelompokkan dalam suatu index tunggal, menambah upgrader index, menambah implementasi Direktori berbasis RAM yang baru dan adanyanya suatu kolekter caching yang baru untuk meningkatkan hasil pencarian.

Solr menggabung pengembangan-pengembangan tersebut, menambah parser query yang baru, meningkatkan debugging dari objek-objek penjelasan, framework pengujian dan tampilan yang lebih baik untuk highlighting. Rilis juga menyertakan beragam perbaikan bug dan koreksi lain pada rilis sebelumnya. Rilis yang baru ini dapat diunduh di mirror Apache untuk Lucene dan Solr serta tersedia dibawah Apache Licence 2.0.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com