Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Ubuntu Friendly: Validasi Perangkat Keras oleh Pengguna

H-Online.Com – Perusahaan sponsor UbuntuCanonical sedang mengembangkan sebuah program validasi hardware yang baru untuk desktop, netbook dan laptop disebut Ubuntu Friendly.   Program ini memperkenankan para pengguna untuk menguji perangkat keras dan hasil dari pengujian tersebut akan digunakan sebagai validator sistem dengan memberikannya label “Ubuntu Friendly”. Program ini akan dikembangkan secara paralel dengan pengembangan Ubuntu 11.10, Oneiric Ocelot dan akan diluncurkan pada saat rilis Oneiric Ocelot pada bulan Oktober yang akan datang.

Program didasarkan pada proses terbuka dimana setiap orang dapat menguji sistem dan menyampaikan laporan pengujian tersebut. Sekelompok partisipan akan bertindak sebagai sertifikator. Untuk sebuah konfigurasi sistem yang berhasil memperoleh sertifikasi pengguna, tentu akan mendapatkan banyak hasil yang positif dari komunitas penguji. Perangkat-perangkat yang akan digunakan oleh pengguna untuk melakukan pengujian mandiri akan bersifat open source dan sedang dikembangkan.

Program ini dirancang untuk melengkapi programs “Ubuntu Ready” (pengujian oleh perusahaan manufaktur) dan “Ubuntu Certified” (pengujian oleh Canonical). Merek “Ubuntu Friendly” sendiri akan dimiliki oleh Canonical, tetapi tidak akan ada komersialisasi untuk sistem yang diberikan label “Friendly”.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com