Untuk membuat sebuah percabangan atau daftar di GTK+ gunakan antarmuka GtkTreeModel dan hubungkan dengan widget GtkTreeView. Widget ini dirancang seputar desain Model/View/Controller dan berisi empat bagian utama :

Widget penampil percabangan (GtkTreeView)
Penampil Kolom (GtkTreeViewColumn)
Perender Cell (GtkCellRenderer etc.)
Antarmuka model (GtkTreeModel)

View (Penampil) disusun  dari tiga objek pertama, sementara yang terakhir adalah Model. Satu dari keuntungan utama dari rancangan MVC adalah bahwa tampilan ganda dapat dibuat menggunakan suatu model tunggal. Sebagai contoh, suatu pemetaan model dari sistem file dapat dibuat pula untuk sebuah manajer file. Banyak tampilan dapat dibuat untuk menampilkan beragam bagian dari sistem file, tetapi hanya satu salinan yang dibutuhkan untuk disimpan di dalam memori.

Tujuan dari perender cell adalah menyediakan tambahan bagi widget dan untuk memperkenankan beragam cara rendering dari tipe data yang sama. Sebagai contoh, pertimbangkan bagaimana merender suatu variabel boolean. Apakah ia akan dirender sebagai string “True” atau “False”, “On” atau “Off” ataukah dirender dalam bentuk checkbox ?

Bersambung (rezaervani@gmail.com)

Sumber :

  • GTK+ Reference Manual
Iklan