Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

YouTube Perkenankan Lisensi Creative Commons

H-Online.Com – YouTube telah mengumumkan bahwa mereka telah memperkenankan penggunakan lisensi Creative Commons Attribution bagi video yang dimuat di situs tersebut. Setiap pengguna yang membuat video dapat menyisipkan video lain yang dirilis dibawah lisensi Creative Common, asalkan nama pembuat aslinya dicantumkan. YouTube telah mengembangkan suatu pustaka Video Creative Commons videos yang dapat digunakan oleh pengguna pada karya-karya mereka sendiri. Perusahaan tersebut sedang bekerjasama dengan C-SPAN, Public.Resource.org, Voice of America, Al Jazeera dan lainnya, dan kini telah memiliki lebih dari  10,000 Video Creative Commons yang dapat diakses.

Ketika membuat video menggunakan Video Editor You Tube, seorang pengguna dapat dengan mudah mengklik tab CC untuk mencari di pustaka Creative Commons;  Video yang dibuat dengan cara ini akan secara otomoatis mendaftar sumber video yang digunakan. Jika video baru itu kemudian dirilis dibawah lisensiCreative Commons, orang lain akan dapat membagi dan menggunakan kembali karya tersebut. Pengguna juga dapat melihat kembali video yang sudah mereka buat dan merubah lisensi  dari lisensi Standard YouTube ke lisensi Creative Commons.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com