Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Pendapat Richard Stallman tentang Dual Booting – “Singkirkan !!!”

Digitizor.Com – Kita semua tahu bahwa Richard Stallman memiliki pandangan yang sangat kuat, serius dan inkonvensional tentang kebebasan perangkat lunak. Nah, seseorang memutuskan untuk bertanya kepada dia akan pendapatnya tentang dual booting Linux dan Windows. Apa jawabannya ? “Singkirkan Itu !!” (Defenestrate it !!)

Buang apa ?  Jujur, saya harus mengatakan bahwa saya belum pernah mendengar kata itu sebelumnya (defenestrate penj.) Menurut Wikipedia : “Defenestration is the act of throwing someone or something out of a window.” (Defenestrate adalah tindakan melemparkan seseorang atau sesuatu keluar dari jendela”). Stallman, bagaimanapun juga, cukup baik hati dengan mencantumkan makna dari kata tersebut dalam balasannya.

Hi

Teman saya, kita sebut saja Plegmatis, menggunakan dual boot dengan Windows di komputernya. Bagaimana pendapat anda tentang hal itu ?

Ia mengklaim dirinya adalah pengguna GNU/Linux sesungguhnya, tetapi masih menggunakan Windows untuk bermain game

Dapatkah anda menulis sesuatu tentang dualbooting dan mengapa ia adalah musuh bagi kebebasannya ?

Terima kasih banyak

Hormat saya

pecet

—-

Dikirim dari iPad (tidak dualbooted!).

Jawaban Stallman sungguh-sungguh jenius :

Adalah hal yang disayangkan bahwa ia masih menggunakan  nonfree software di komputernya.

Dia perlu menyingkirkannya (defenestrate it pent.) (yang berarti membuang Windows keluar dari komputernya atau membuang komputernya keluar dari Jendela) [either throw Windows out of the computer or throw the computer out of the window]

Dr Richard Stallman

President, Free Software Foundation

Saya suka balasan ini, tetapi menduga-duga kenapa Stallman tidak memberikan komentar apapun tentang Pecet yang menggunakan “iGroan/iBad” untuk mengirimnya email tadi.

Jadi, bagaimana pendapat anda tetang dual booting Linux dengan Windows ? Apakah itu menghalangi kebebasan atau sekedar melakukannya untuk kenyamanan ?

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan