Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Ubuntu Oneiric Ocelot Alpha 1 Dirilis

H-Online.Com – Versi Alpha pertama dari Ubuntu  “Oneiric Ocelot” telah di rilis oleh Canonical dan para pengembang Ubuntu. Milestone pertama pengembangan ini merupakan rilis pertama dalam roadmap yang mencantumkan pula rencana rilis dua versi alpha dan dua versi beta lainnya sebelum rilis akhir pada bulan Oktober 2011 ini. Versi Alpha 1 ditujukan khusus bagi pengembang sebagai snapshot awal atas apa-apa yang sudah dikerjakan setelah beragam perubahan dan perbaikan di sistem utama dilakukan.

Oneiric Ocelot berbasiskan Linux Kernel 2.6.39 dan menggunakan  Gcc 4.6 sebagai kompiler default. Network-manager version 0.9 juga sudah dikenalkan di  Versi Alpha 1 ini, yang pada catatan rilisnya diberikan keterangan tentang masih adanya masalah di kompatibilitas API.

GNOME 3 juga dimasukkan ke dalam sistem, dan beberapa komponen telah diganti, sementara elemen desktop yang lain mulai mengalami transisi untuk penggunakan API GNOME 3.; ini tidak berarti desktop Unity yang kontroversial ditinggalkan, tapi hanya semacam penyesuaian migrasi dari GNOME 2 ke GNOME 3.

Paket-paket yang sedang berada dalam masa transisi, masuk ke dalam “tracked“. Kemajuan, rencana pengembangan dan spesifikasi-spesifikasi didokumentasikan di web Blueprints Oneiric.

Komponen Open Stack di Ubuntu server telah diupdate ke level ‘diablo-1’ dan para pengembang mengatakan perbedaannya dengan Debian sudah dikurangi.

Kubuntu kini menggunakan Muon Software Centre dan KDE telah diupdate ke versi KDE terakhir  yakni KDE SC(4.6.3).  Catatan lain adalah Edisi ARM dari Ubuntu memiliki cacat di OMAP images dikarenakan  adanya miskonfigurasi kernel, dan akan diperbaiki pada  Alpha 2.

Catatan rilis telah dikembangkan ke dalam sebuah Technical Overview yang mencakup upgrading ke Oneiric, masalah-masalah yang ditemukan dan perubahan-perubahan lain. Pengguna yang ingin menguji Alpha 1 dapat mengunduh ISO images Ubuntu Desktop atau Server, Ubuntu Cloud Server, Kubuntu, Xubuntu atau Edubuntu DVD;  Pengembang menyampaikan bahwa image yang ada masihlah berukuran lebih besar dari biasanya dan membutuhkan DVD atau USB untuk proses instalasi, bukan CD seperti biasanya. Pengguna yang sedang menggunakan sistem Desktop Ubuntu 11.04 dapat melakukan upgrade ke alpha dengan menekan Alt+F2 dan mengetikkan “update-manager -d” (tanpa tanda kutip) di kotak perintah yang muncul.

Karena merupakan rilis alpha, Pengguna sebaiknya menggunakannya hanya untuk pengujian bukan untuk produksi atau sistem kritis. Edisi stabil terkini adalah Ubuntu 11.04 “Natty Narwhal” sementara versi Long Term Support (LTS) adalah Ubuntu 10.04 LTS “Lucid Lynx”.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan