Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

KDE 4.7 Beta 1 Sudah Hadir untuk Diuji

H-Online.Com – Komunitas KDE telah mengumumkan kehadiran KDE Software Compilation (KDE SC) versi 4.7 beta, sebuah versi pengembangan bagi rilis utama berikutnya. Berdasarkan keterangan dari para pengembang, rilis final dari KDE SC 4.7.0 diharapkan hadi pada tanggal 27 Juli 2011.

KDE SC 4.7 Beta 1 melakukan pengembangan pada fitur KWin, Window manager untuk KDE Plasma Desktop, menambahkan dukungan bagi OpenGL-ES 2.0 dan mengembangakan penampilannya secara keseluruhan untuk perangkat mobile. Perubahan antar muka juga sudah dibuat pada Dolphin file manager dengan meningkatkan pencarian metadata file. Aplikasi Globe Virtual Marble yang sama dengan Google Earth, kini mendukung pencarian alamat offline. Login manager KDE login manager, KDM (KDE Display Manager), kini  menggunakan Grub2 boot loader. Pengembang memberikan catatan bahwa API, dependency dan matinya fitur masih ada, dan karenanya team kini berfokus pada perbaikan bugs dan pemolesan lebih jauh bagi fungsionalitas yang ada.

Sebagaimana rilis pengembangan, penggunaanya pada lingkungan produksi dan sistem yang vital tidak dianjurkan. Pengujian oleh pengguna sangat diharapkan untuk mendapatkan feedback dan  laporan dari tiap bug yang ditemukan.

Detail yang lebih lengkap tentang rilis pengembangan ini dapat ditemukan di pengumuman rilis resmi dan di Halaman Info KDE SC 4.6.80. Kode sumber untuk for self-compilation dan binary packages bagi beragam distribusi Linux sudah tersedia di website projek.

KDE berlisensi kombinasi LGPLv2, BSD, MIT dan X11 untuk library-library utamanya dan GPLv2 atau GPLv3 untuk aplikasi-aplikasinya. Rilis stabil yang terakhir adalah KDE SC 4.6.3, dengan update maintenance terakhir di awal bulan Mei ini.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com