Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Fedora 15 Dirilis

Phoronix.Com – Fedora 15 baru saja dirilis. Fedora 15 adalah distribusi Linux utama pertama yang dikemas dengan GNOME 3.0. dan seperti biasa, berisi beragam inovasi Linux lainnya.

Beberapa hal menarik lainnya di Fedora 15 adalah dukungan terhadap Btrfs sebagai suatu opsi instalasi file system (tanpa perlu parameter tambahan atau setting lainnnya), laporan crash yang lebih baik, kompresi yang lebih tinggi untuk live images dengan kompresi XZ, pengembangan power management dll.

Hal lain yang juga menarik bagi pengguna yang memiliki kemampuan teknis adalah penggunaan systemd sebagai bawaan, firewall dinamik, Integrasi SPICE dengan virt-manager, penamaan perangkat jaringan yang konsisten dan pengembangan sistem enskripsi untuk direktori home.

Beberapa paket yang disertakan diantaranya LibreOffice, Firefox 4.0, KDE SC 4.6, Sugar 0.92, GCC 4.6, Linux 2.6.38, dan banyak lagi. Ada pula RPM 4.9.0 sebagai bagian dari Fedora 15.

Pengumuman rilis Fedora 15 dapat dilihat di link pengumuman lengkap dengan download Link beragam jenis Fedora 15 “Lovelock” Linux.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com