Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Google Summer Code : Data Statistik Peserta dipublikasikan

H-Online.Com – Google telah mempublikasikan gambaran statistik seputar pelajar yang diterima untuk berpartisipasi di event Google Summer of Code GSoC)  tahun ini. Berdasarkan  posting  dari Stephanie Taylor di blog Google Open Source Blog, jumlah total 1,115 pelajar terdiri dari partisipan 68 negara turun dari 69 negara tahun lalu – Google menerima lebih dari  5,650 lamaran dari 3,731 pelajar dari 97 negara.

Tiga negara dengan jumlah pelajar tertinggi yang diterima untuk event tahun 2011 ini adalah Amerika Serikat dengan 191 pelajar, diikuti India dengan 182 dan Jerman dengan 65 pelajar; Ini adalah tiga terbesar yang sama dengan tahun lalu. Berturut-turut berikutnya adalah China (65) dan Polandia (48). Yang termasuk ke dalam sepuluh besar lainnya adalah Brazil (46), Romania (45), Federasi Rusia (41), Prancis (33) dan Sri Lanka (33). Negara-negara lain termasuk Inggris dan Kanada yang masuk ke dalam 10 besar tahun lalu, mengisi sisa 380 tempat yang ada.

Setiap tahun Google mencari pelajar-pelajar dan mentor-mentro dari komunitas FOSS untuk mengambil bagian dalam event tahunan mereka GSoC, yang berlangsung selama tiga bulan. GSoC menantang para mahasiswa untuk menulis dan mengembangkan kode bagi beragam proyek Open Source. Selama 6 tahun, 4500 pelajar dari lebih 85 negara berhasil menyelesaikan program GSoC dengan dukungan lebih dari 300 organisasi mentor.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan