Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

LibreOffice 3.4beta5 dan Perubahan Komunikasi

Linux.Com –LibreOffice Project mengumumkan rilis Beta 5 dari versi 3.4 yang akan datang pada hari Jumat, 13 Mei 2011 kemarin. Project juga mengumumkan perubahan pada strategi pengumumannya – dikatakan bahwa pengumuman hanya akan diberikan untuk rilis final dan stabil saja.

Sebagai bagian dari pengumuman kemarin, Italo Vignoli menyebutkan bahwa tampaknya ada beberapa kebingungan seputar proses penjadwalan dan pengembangan LibreOffice, dan cara memilih rilis LibreOffice yang “tepat”. LibreOffice adalah suatu “model rilis berbasis waktu” dan proyek ini berupaya untuk tidak melenceng dari jadwal yang ditetapkan. Dia juga mendorong para pengguna untuk memilih “rilis LibreOffice yang tepat untuk kondisi tertentu”.

Para pengguna konservatif yang menginginkan rilis yang sangat stabil didorong untuk memiliki versi dukungan komersial, atau setidaknya menunggu untuk rilis yang telah menghilangkan keseluruhan bug yang ada. Pengguna yang ingin membantu pengembangan, pengujian atau sekedar ingin menambah pengalaman dengan “bleeding edge”, didorong untuk menggunakan 3.4.0 pada tiap rilis yang ada termasuk rilis beta dan nightly.

Para pengguna yang masih ingin mendengar tentang versi beta dan lainnya disarankan mendaftarkan diri ke mailing list proyek dan/atau pengembangan LibreOffice.

Untuk versi beta yang terakhir, anda dapat melihat halaman pre-rilis di situs LibreOffice. Paket debian dan RPM untuk sistem Linux x86 dan AMD64 telah tersedia, begitu juga versi binary untuk Windows dan Mac OS X.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com