Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Facebook Buka Desain Data Centre Mereka

LinuxUser.Co.Uk – Facebook baru-baru ini menyelesaikan pekerjaan mereka membangun datacentre multijuta dollar di Prineville Oregon, Amerika Serikat, setelah sebelumnya hanya menyewa fasilitas datacentre lain. Tujuan dari proyek ini adalah membangun salah satu infrastruktur komputasi yang paling efisien dengan biaya serendah mungkin. Hasilnya adalah sebuah datacentre yang diklaim oleh Facebook 38 % lebih efisien dan 24 % lebih murah untuk dibangun dan dijalankan dibandingkan datacentre yang lain.

Namun, tidak seperti industri lain yang biasanya menutupi inovasi dan desain perangkat kerasnya, Facebook telah meluncurkan Open Compute Project sebagai upaya untuk mendapatkan feedback, mendorong orang lain untuk menggunakan dan mengadaptasi desain mereka. Demikian yang disampaikan oleh Jonathan Heiliger, Presiden Operasi Teknis Facebook. Dia mengatakan hal ini dilakukan untuk mendorong organisasi lain melakukan pendekatan terbuka yang sama.

Pemandangan Salah Satu Bagian DataCentre Facebook

Facebook mempublikasikan spesifikasi dan desain mekanis hardware yang digunakan di Datacentre mereka dibawah lisensi Open Web Foundation Final Specification Agreement (OWFa 1.0). Untuk awalnya, ini akan mencakup motherboards, power supply, server chassis, server rack, dan kabinet battery. Sebagai tambahan, Facebook juga membagi spesifikasi konstruksi elektrik dan mekani datacentre mereka.

Tujuan utama dari Open Compute Project, adalah untuk mendorong dialog kolaboratif.” jelas Heiliger. “Kami sudah berdiskusi dengan rekan-rekan kami tentang bagaimana kami dapat bekerjasama dalam teknologi Open Compute Project. Kami ingin merektrut pihak lain untuk menjadi bagian dari kolaborasi ini, untuk bersama-sama mengembangkan infrastruktur komputasi paling efisien yang paling memungkinkan.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan