Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Lubuntu menjadi Derivatif Resmi Ubuntu

Linux-Magazine.Com – Telah resmi : Lubuntu adalah derivatif resmi Ubuntu. Dalam sesi UDS di Budapest, Colin Watson dan Mark Shuttleworth menjelaskan detailnya bersama dengan anggota proyek tersebut Julien Lavergne. Memang belum ada ISO atau paket di situs resmi Ubuntu, tetapi Lavergne akan mengumummkan pada mailing list proyek Ubuntu ketika aplikasi tersebut sudah ada di repositori resmi dan sudah ada image instalasinya. Lubuntu 11.10 akan menjadi versi derivatif pertama yang didukung secara resmi.

Julien Lavergne dari Lubuntu

Lavergne merasa gembira dengan keputusan tersebut. Dia dan para rekannya berharap untuk mencapai visibilitas yang lebih besar dengan dukungan dari Canonical.

Lubuntu utamanya diarahkan untuk komputer-komputer dengan memori kecil, seperti Pentium II, dengan hanya 128 MB RAM. Desktop LXDE memiliki fitur yang minim, tetapi tidak membutuhkan banyak sumber daya komputer. Lubuntu menggunakan PCManFM sebagai file manager, browser Chromium dan Sylpheed email client.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

.