Tanya :

Apa saja yang bisa dilakukan dengan perintah dd di Linux ?

Jawab :

Mengkloning seluruh drive

Perintah yang digunakan untuk mengkloning seluruh drive dapat dibuat seperti berikut :

dd if=/dev/sda of=/dev/sdb

Dalam contoh ini /dev/sda adalah perangkat yang akan dikloning ke /dev/sdb sebagai device target. Kekuatan dd adalah menyalin secara byte-exact dari sebuah partisi atau perangkat, baik itu berupa file, partisi lain, atau hard drive lain. Ini termasuk SEMUA informasi termasuk file yang terhapus, sehingga dapat berguna untuk operasi recovery atau untuk keperluan forensik digital.

Menduplikasi Satu Partisi ke Partisi Lain

Perintah yang dapat anda gunakan untuk menduplikasi satu partisi ke partisi lain akan tampak seperti :

dd if=/dev/sda3 of=/dev/sdb3

Pada contoh ini /dev/sda3 dan /dev/sdb3 adalah partisi. Anda menduplikasi /dev/sda3 ke /dev/sdb3. Jika /dev/sdb3 tidak ada, dd akan membuatnya di permulaan disk. Di skenario ini anda mestilah berhati-hati dengan urutan if dan of di perintah dd. Jika tidak hati-hati, anda dapat secara tidak sengaja mengosongkan disk yang memiliki informasi.

Benchmark drive anda

Perintah yang anda dapat gunakan untuk melakukan benchmark kecepatan baca dan tulis drive tampak seperti berikut :

Baca :

dd if=/home/my-home-directory/sample.3Gb.file bs=64k | dd of=/dev/null

Tulis :

dd if=/dev/zero bs=1024 count=1000000 of=/home/my-home-directory/sample.3b.file

Menghapus Isi Drive Anda Secara Tuntas

Peringatan : Perintah ini akan menghapus drive anda dan mengisinya dengan zero. Anda tidak akan dapat mengembalikan data anda. Gunakan perintah ini hanya ketika anda ingin menghapus habi semua data di dalam disk. Misalnya jika di hard disk anda pernah ada data-data penting dan sensitif.

dd if=/dev/zero of=/dev/sda

Di contoh tersebut anda akan mengisi drive dengan nilai zero, yang secara efektif menimpa seluruh data di dalam disk. Ini lebih aman saat menghapus data, karena data benar-benar dihapus hingga ditulis lagi data yang baru.

Bersambung …

Iklan