Tanya :

Mungkinkah menjalankan Linux tanpa Swap ? Dan Berapa seharusnya besar swap yang saya harus siapkan untuk Linux ?

Jawab :

Adalah mungkin untuk menjalankan sistem Linux tanpa ruang swap, dan sistem anda pun dapat berjalan tanpa masalah jika anda memiliki memori yang besar – tetapi jika anda kehabisan memori fisik, maka sistem anda akan crash, jadi tidak ada cara lain yang bisa dipilih untuk memperoleh hasil yang lebih baik, yakni membuat ruang swap, apalagi harga hard disk relatif lebih murah daripada harga memori.

Pertanyaan kuncinya adalah : berapa besar swap yang harus disediakan ?

Versi lama dari Sistem Operasi Unix-type (seperti Sun OS dan Ultrix) membutuhkan suatu ruang swap dengan besar dua atau tiga kali ukuran memori fisik. Implementasi modern (seperti pada Linux) tidak membutuhkan sebanyak itu, tetapi cara itu tetap bisa anda gunakan juga.

Yang disarankan :

  1. Untuk sistem desktop, gunakan ruang swap dua kali memori sistem, karena itu akan membuat anda dapat menjalankan aplikasi lebih banyak (aplikasi yang dalam keadaan “idle” dapat kemudian dengan mudah di”swap” keluar sehingga lebih banyak RAM yang tersedia untuk aplikasi aktif.
  2. Untuk server, anda bisa gunakan jumlah swap yang lebih kecil (katakanlah setengah dari memori fisik) sehingga anda dapat lebih fleksibel untuk melakukan proses swapping saat dibutuhkan, tetapi awasi jumlah penggunaan ruang swap yang terjadi dan upgrade RAM anda jika dibutuhkan.
  3. Untuk desktop yang lebih tua (katakanlah hanya memiliki memori 128 MB), gunakan sebanyak mungkin swap yang bisa anda berikan (katakanlah 1 GB).

.

Bersambung

Artikel yang Terkait

Klik Disini untuk Info Lebih Lanjut

Iklan