Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Microsoft Windows – Mempromosikan Barang Berkualitas Biasa-biasa Saja Semenjak 1985

Gene, on April 26th, 2011 –  eracc.com – Apa yang saya maksud ” … Semenjak 1985 ?”. Lihat link ini untuk melihat sejarah Microsoft Windows

Saya adalah seorang pengguna Unix/Linux yang menulis artikel ini dilandasi rasa putus asa, jadi jika seseorang tidak menyukai hal ini, menganggapnya sebagai gembar-gembor tentang Sistem Operasi Not UNIX yang bersifat parsial, lebih baik berhenti sampai paragraf ini.

Weblog, web site, situs belanja dan forum perusahan kami  sangat sering dikunjungi berbagai tingkatan SPAM bots, atau dalam beberapa kasus bahkan ada  SPAM yang kemungkinan dibayar oleh penjudi, masuk dari akun tertentu, memposting “komentar” dan mengirimkan “track-balik” yang sesungguhnya tidak ada. Administrator yang secara tetap mengawasi hal ini perlu untuk selalu membersihkan Spam ini, dan itulah yang menjadi alasan kenapa seluruh komentar dan track-balik di ERACC WebLog mestilah dimoderasi. Kami sudah melihat Spam itu, maka seharusnya anda tidak mendapatkannya lagi.

Saya juga sering melihat Spam yang umum di email saya. Meskipun saya telah menempuh semua cara untuk mengatasi hal ini, tidak ada yang bisa secara sempurna menghentikan sampah seperti ini. Seringkali, ketika saya menelusuri alamat IP dari SPAM-SPAM ini dengan nmap, dan memerika OS yang menjalankannya, saya mendapati sesuatu seperti berikut :

Running: Microsoft Windows 2003
OS details: Microsoft Windows Server 2003 SP2, Microsoft Windows XP SP2

Tampak terlihat bahwa ada satu lagi pengguna Microsoft yang bodoh, atau saya sebut saja “administrator” yang bodoh, yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan bagaimana mengamankan sistem operasi yang terhubung dengan internet. (Ngomong-ngomong, sifat bodoh ini bukanlah karakter mereka, karena kebodohan adalah sesuatu yang dapat disembuhkan)

Jika Anda perhatikan, ketika sebuah perusahaan merancang sebuah sistem operasi yang begitu biasa-biasa saja mutunya dan begitu “terlalu memudahkan” seorang bodoh untuk mengkoneksikannya ke internet, maka anda  kemudian akan  selalu mendapatkan seorang bodoh terkoneksi ke internet. Hal ini sesungguhnya bukan hal yang buruk, kecuali jika sistem operasi yang dipertanyakan itu memiliki kecacatan dari mulai proses desainnya hingga pada saat  ia membiarkan OS terserang dari luar ketika terkoneksi ke internet. (Psst, ini berarti Microsoft Windows melakukan hal ini semenjak tahun 1985).

Saya yakin semua “ahli” Microsoft diluar sana mungkin akan geram membaca ini dan akan bersikeras bahwa sistem Operasi  mereka bisa dibuat aman. Betul, saya setuju, tapi secara teknis tidak dengan memaksakannya dilakukan oleh orang yang begitu mencintai GUI, yang mungkin mewakili sebagian besar pengguna Microsoft.

Terlalu banyak pengguna Microsoft yang diajarkan sikap “Saya tidak mau menggunakan sesuatu yang ‘sulit’, yang penting segalanya dapat digunakan untuk bekerja” ketika berbicara tentang sistem komputer. Hal ini membawa ingatan saya kepada paragraf dari sebuah buku yang saya sudah baca berkali-kali :

“Akankah engkau bertarung dengan pedang ? Tidak ? Aku rasa tidak ! Engkau akan berupaya memenggal musuhmu bahkan saat pedangnya membelah jantungmu. Itu adalah perilaku Angrezi; anda lebih baik mati daripada berupaya untuk berpikir. Anda tidak bodoh, tapi anda malas –” Ia menyentuh sisi kepalanya untuk menunjukkan apa yang ia maksud. “Anda lebih baik bekerja keras seperti lembu dengan tubuh anda daripada membuat otak anda berkeringat”

Ini adalah ungkapan David bar-Elias kepada Raja Athelstane setelah sang Raja “menyerah” dalam pertandingan catur melawan Elias, di buku “The Peshawar Lancers” karya S. M. Stirling.

Sayangnya, ketika sistem Microsoft selalu menggunakan suatu atropi otak bernama GUI untuk Setiap Hal yang Dianggap Menakutkan, para pengguna yang bodoh biasanya tidak diajarkan untuk berpikir tentang diri mereka sendiri. Jadi orang-orang ini jarang tahu “Bagaimana dan Mengapa” keamanan jaringan mestinya dikelola, dan bagaimana mengurai dan memecahkan masalah jaringan dengan otak mereka sendiri. GUI membuat orang-orang malang ini tetap bodoh. Jika “benda itu” tidak merupakan sebuah GUI , maka”benda itu” tidak mungkin digunakan atau bahkan tidak dapat dipelajari lebih jauh bagaimana ia bekerja.  Coba anda ganti kalimat “benda itu” di baris sebelumnya dengan “Pekerjaan Keamanan Jaringan”.

Lebih jauh, ketika keputusan terkait rancangan dasar sistem operasi dibuat dengan awalan yang tidak mempertimbangkan masalah keamanan pada sistem operasi tersebut, maka anda akan mendapatkan sebuah sistem operasi yang dengan mudah ditembus, mengabaikan tambalan-tambalan yang tak pernah selesai dibuat oleh Microsoft.

Anti-malware mungkin adalah tambalan terbaik, karena anti-malware bersifat retroaktif.  Tapi, siapapun yang jujur pasti akan mengatakan bahwa ada serangan yang mampu melalui anti-malware Microsoft di tiap waktunya. Memang tidak pada setiap sistem Microsoft, karena seringkali vendor anti-malware mendapati kelemahan dan melakukan perbaikan. Tetapi jika seseorang telah mengalami “infeksi” pertama, maka anti-malware “heuristic” miliknya memiliki kemungkinan yang besar untuk tidak mendeteksi paket jahat baru berikutnya yang disampaikan lewat pesan bertajuk “Excellent FaceBook Page !!” yang baru saja dikunjungi seseorang dengan Internet Explorer. (Perlu dicatat, ini bukanlah “Virus PC”, tapi ini adalah “Virus Microsoft Windows”)

Lalu kedalam pernyataan sadis ini,  sampaikan kepada semua pengguna dan “administrator” Microsoft yang menemui jalan buntu  saat  berusaha mencari solusi cara mereka lewat “klak-klik” di “surga” GUI,  tambahan mimpi buruk jaringan world-wide yang disebut Bot-nets, Microsoft SPAM relay dan malware lain yang terkait Microsoft. Ada pula beberapa SPAM berbasis Microsoft, atau serangan DOS berbasis Microsoft. Tidakkah anda berpikir bahwa produk berkualitas biasa-biasa saja adalah hal yang sangat indah ?

Ketika sebuah perusahaan mempromosikan penggunaan produk berkualitas biasa-biasa saja di sisi keamanan sistem operasinya, mungkin seharusnya sistem operasi tersebut seharusnya tidak diizinkan beroperasi di internet. Itu hanya pendapat saya …

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan