Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Wajah Baru Website resmi Ubuntu

www.ubuntu-user.com – Ternyata Ubuntu 11.04 desktop bukan satu-satunya wajah baru Ubuntu saat ini; sebagaimana yang disampaikan oleh Inayaili León di Canonical’s blog site,  website Ubuntu juga berganti wajah.

“Perbaikan situs ini berfokus pada peningkatan sekaligus penyempurnaan pengalaman bagi para pengguna Ubuntu yang baru dan siapapun yang ingin kami buat tertarik dan berpindah ke Ubuntu. Kami telah membuat tampilan yang lebih baik seputar fitur-fitur Ubuntu yang penting dan bagaimana karakteristik Ubuntu ditampilkan, dan apakah pertanyaan pengunjung dapat terjawab, ” tulis León.

Wajah Baru Website Resmi Ubuntu

Website kini tidak lagi memisahkan bagian rilis desktop dan netbook, kini hanya ada satu tombol “Get Ubuntu”

Bagian baru lainnya adalah Ubuntu for Business, Ready for Cloud, Ubuntu One dan What’s New.

Menurut Leon, pada Desember yang lalu, Canonical melakukan penelitian pengguna secara intensif tentang bagaimana seharusnya website ini tampil. Penelitian menunjukkan bahwa pengguna – end user dan business user – mendapatkan kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Hal ini membawa ke arah desain ulang website. Canonical juga berbicara kepada para anggota “Ubuntu Accesibility Team” dan berdasarkan tanggapan dari mereka dilakukanlah pemilihan kombinasi warna, penambahan kemampuan untuk melakukan perubahan ukuran teks dan situs dibuat lebih bersih dan seringkas mungkin.

Fokus utama akan berpusat pada upaya membuat website lebih mudah diakses dan dijelajahi serta peningkatan standar kualitas Ubuntu dan Canonical, termasuk membuat kode lebih mudah untuk dimanage, konten lebih mudah di update dan pesan tersampaikan dengan jelas.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan