Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati.

Google menegaskan Android Akan Tetap Open Source

zdnet.com, 25 April 2011 Google menegaskan bahwa Android akan tetap merupakan platform open source dan membantah berita yang menyatakan sebaliknya.

“Baru-baru ini, Ada informasi salah yang tersebar tentang peran Android dan Google dalam mendukung ekosistem. Saya menulis ini dalam semangat transparansi dan dalam upaya untuk meluruskan hal tersebut,” tutur Andy Rubin, wakil presiden teknik di Google, dalam sebuah blog awal bulan ini.

“Pendekatan kami tetap tidak berubah: tidak ada penguncian atau pembatasan terhadap kustomisasi User Interface. Tidak ada, dan tidak akan pernah ada,  upaya untuk membuat standarisasi platform pada satu arsitektur chipset.

Google akan merilis kode Android 3.0 kode ke komunitas open source saat sudah siap.

“Kami terus menjadi sebuah platform open source dan akan terus merilis kode sumbernya saat sudah siap. Saat saya menulis ini tim Android masih bekerja keras untuk membawa semua fitur baru Honeycomb ke telepon. Segera setelah pekerjaan ini selesai, kami akan mempublikasikan kode tersebut. Penundaan sementara ini tidak berarti ada perubahan dalam strategi. Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan Android sebagai platform open source bagi banyak jenis perangkat keras.”

Adalah merupakan berita baik bahwa Google bereaksi begitu responsif terhadap pertanyaan tentang komitmen open source. Jika perusahaan tersebut hanya diam … mungkin sudah saatnya melakukan sesuatu.

Reaksi Rubin dapat dimengerti. Google telah melakukan banyak hal baik untuk komunitas open source. Termasuk mempekerjakan Andrew Morton dan Jeremy Allison.

(Paula Rooney –  Diterjemahkan bebas oleh pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com)

Iklan