Tanya :

Apa yang dimaksud dengan bagian backports di Ubuntu repository ? Saya menemukan ada software yang sama, tetapi dalam versi yang berbeda di folder lucid dan folder lucid-backports. Kenapa ?

Terima kasih sebelumnya

Jawab :

Ubuntu merilis versi baru setiap 6 bulan. Setelah rilis, versi dari semua paket tetap tidak berubah selama 6 bulan kemudian. Misalnya, jika Ubuntu menyertakan Open Office 2.0.x, maka enam bulan kemudian paket yang ada di repository tetaplah versi 2.0.x, meskipun ada versi baru OpenOffice yang dirilis pada masa itu. Team Ubuntu bisa saja memberikan masukan perbaikan atas masalah-masalah yang terjadi di versi 2.0.x tersebut, tetapi fitur-fitur baru atau perbaikan bug tersebut belumlah langsung tersedia.

Karena itulah ada Ubuntu Backports. Kandidat untuk versi update dari sebuah paket ditempatkan disini. Team Backport memutuskan bahwa kebijakan terbaik bagi proses update adalah perpaduan antara kebijakan security Ubuntu dan penyediaan versi baru dari program-program yang ada. Artinya program-program yang ada harus dapat diupdate tanpa harus mengganti bagian utama dari seluruh sistem operasi, yang dapat berdampak pada stabilitas dari sistem yang ada.

Backport adalah suatu bagian dari repository Ubuntu resmi dan dirawat oleh pengembang Ubuntu yang kompeten. Tapi perlu dicatat bahwa software-software di Backport tidak akan menerima review atau update dari team security Ubuntu.

Jadi wajar, jika anda kemudian menemukan software yang sama di folder lucid dan lucid-backports dalam versi yang berbeda. Tapi hampir dapat dipastikan bahwa versi software bersangkutan di folder lucid-backports memiliki versi yang lebih baru.

Demikian, semoga membantu

Iklan