Tanya

Di Tanya 57 – https://tanyarezaervani.wordpress.com/2011/04/06/tanya-57-latex-di-ubuntu/ – ada pembahasan tentang LaTeX. Untuk apa LaTeX itu ya Pak ?

Terima kasih sebelumnya

Jawab

Sejarah dan Mengapa TeX ?

Pengantar yang paling sederhana mungkin adalah pertanyaan berikut: Bagaimana membuat sebuah tulisan yang lengkap dengan heading, paragraf, rumus matematika tanpa suatu word processor ?

Maka salah satu jawabannya adalah TeX.

Walau jika dibedah lebih dalam sesungguhnya TeX bukan sekedar pengganti word processor, ia memiliki kekuatan yang justru jauhlebih baik daripada suatu wordprocessor semacam Open Office dan Microsoft Office.

Sebuah pertanyaan lebih lanjut misalnya, apa yang membuat anda bisa tahu bagian yang merupakan judul sebuah artikel ?

Seorang pengguna pengolah kata (Wordprocessor) mungkin akan melakukannya dengan membesarkan huruf, menebalkannya, atau bahkan menambahkan garis bawah.

Bagaimana anda bisa tahu bahwa suatu bagian di dokumen adalah sebuah paragraf, sub judul, dan semacamnya. Beragam jawaban tentu bisa diperoleh dari beragam pengguna wordprocessor. Dan tentu saja pengguna OpenOffice akan berbeda pula jawabannya dengan pengguna Microsoft Word.

Masalah akan semakin kompleks jika dokumen yang dimaksud adalahdokumen teknis yang memerlukan ketelitian tinggi. Misalnya untuk formula matematika. Dimana posisi tanda pangkat, integral, akar dan lain-lain. Apakah tidak akan ada masalah jika dokumen tersebut nantinya dikirim ke pengguna lain yang menggunakan sistem operasi berbeda.

Jika anda menulis sebuah buku yang sarat dengan formula matematis, bagaimana caranya agar konsentrasi anda bisa sepenuhnya ada pada penyusunan, bukan pada bagaimana menggunakan fasilitas diWordProcessor untuk membuat rumus bersangkutan ?

TeX dirintis oleh Donald Knuth pada tahun 1978 saat merevisi bukunyaArt of Computer Programming

Setahun setelah memulai pekerjaannya, Knuth diundang memberikan kuliah di Pertemuan Tahunan American Mathematical Society. Ia menyampaikan tentang proyek TeX yang sedang ia kerjakan. Semen-jak itulah pekerjaannya ini menjadi populer

Hal besar yang penting dalam perkembangannya adalah pengenalanLaTeX pada tahun 1985. LaTeX merupakan seperangkat perintah yang mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem pada levelyang lebih tinggi.

Bagi pengguna wordprocessor sejati, fasilitas WYSIWYG yang disediakan di berbagai perangkat lunak pengolah kata mungkin sudah lebih dari cukup, sehingga TeX mungkin bukanlah sesuatu yang menarik,karena alih-alih menawarkan fitur WYSIWYG, TeX adalah sebuah formatter. Tapi beda lagi jika kebutuhan yang dihadapi oleh para teknisi dan ilmuwan – misalnya saat mengekspor hasil proses dariMatLab atau SciLab, maka sebuah formatter jauh lebih bermanfaat daripada sebuah WordProcessor.

Walau hanya sebuah formatter, hal yang bisa dilakukan oleh TeX sangat banyak sekali, mulai dari membuat judul, mengatur paragraf, memasukkan sebuah grafis, hingga menulis formula matematika.Bahkan bagi bisa pula membuat format Bibliografi yang sangat apik,dan membuat link ke daftar referensi yang ditempatkan di akhir sebuah artikel.

Bahkan jika anda ingin membuat sebuah abstrak yang ada dibagian atas artikel, itupun dapat dikerjakan oleh sebuah perintah TeX.

TeX juga memungkinkan pengguna untuk melakukan Versioning, misalnya dengan Revision Control System, sehingga anda dapat mengontrol perubahan dokumen anda, serta mengajak komunitas untuk memperbaharuinya. Hal ini adalah hal yang lumrah dalam dokumen-dokumen yang membutuhkan pembaharuan terus menerus, seperti manual sebuah perangkat lunak.

TeX juga bisa diimpor ke dalam format lain seperti PostScript, PDF, DVI dan HTML

Bersambung …

Iklan