Resmi Sudah : Evolution diganti Thunderbird di Ubuntu 11.10

Digitizor.Com – Akhirnya Canonical memberikan lampu hijau tentang penggantian Evolution ke Thunderbird di Ubuntu 11.10 “Oneiric Ocelot” yang dijadwalkan rilis pada bulan Oktober mendatang.

Evolution, email klien bawaan GNOME, telah menjadi klien email bawaan di semua rilis Ubuntu hingga saat ini. Kemudian, banyak orang yang meminta untuk menggantikan Evolution dengan Thunderbird. Dalam tiga rilis alpha Ubuntu 11.10, Evolution sudah digantikan oleh Thunderbird walaupun masih bersifat tentatif untuk mempelajari apakah Ubuntu dapat dirilis akhirnya nanti dengan Thunderbird.

Karena dirasa segalanya berlangsung lancar, maka Mike Conley, yang memiliki peran penting dalam pengemasan Thunderbird ke Ubuntu telah mengumumkan bahwa Canonical telah memberikan lampu hijau untuk menggantikan Evolution dengan Thunderbird pada rilis akhir Ubuntu 11.10. Berikut yang disampaikannya di posting blognya :

Tanggapan telah datang dari Canonical : Thunderbird akan menjadi email klien bawaan pada Ubuntu Oneiric !!  Keterangan yang ada sementara ini, Canonical dapat saja mundur dan berpindah kembali ke Evolution. Tetapi mereka telah memberikan pujiannya dan telah memasukkannya kedalam rencana.


Rilis alpha ketiga Ubuntu 11.10 dikemas dengan Thunderbird 6 (yang masih dalam versi Beta). Rilis Thunderbird terakhir yang stabil diharapkan diluncurkan pada bulan depan. Jadi cocok dengan rencana peluncuran Ubuntu 11.10 pada dua bulan yang akan datang.

Satu masalah yang masih ada adalah kalender di Ubuntu 11.10. Kalender dalam versi Ubuntu sebelumnya disediakan oleh Evolution. Thunderbird belumlah menyokong kalender sendiri – walaupun ada ektension yang bernama Lightning yang menambahkan dukungan kalender di Thunderbird dengan baik. Belum jelas apakah Lightning akan terinstall di Ubuntu 11.10 secara bawaan. Mike Conley, mengatakan, bahwa masalah tersebut tidak akan menghalangi rencana Thunderbird diatas, walaupun seandainya tidak dapat masuk ke rilis yang akan datang.

(Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog http://tanyarezaervani.wordpress.com)

About these ads