Daftar Aplikasi CAD yang Berjalan Baik di LINUX

TechDriveIn.Com – Computer-aided design (CAD) adalah penggunaan teknologi komputer untuk desain dan dokumentasi desain. Tetapi adakah aplikasi CAD yang bagus di Linux ? Pertanyaan ini banyak diajukan. Berikut daftar – tidak hanya yang free tapi juga non-free – aplikasi CAD yang dapat berjalan dengan baik di Linux.

Tampilan Bricscad
Bricscad adalah paket CAD yang dikembangkan oleh  Bricsys, awalnya dibangun menggunakan mesin IntelliCAD.  Bricscad adalah salah satu diantara paket CAD komersial yang mendukung operasinya di LINUX. Bricscad mampu menangani fungsi-fungsi yang sebagian besar ada di AutoCAD.
Tampilan Qcad

QCad adalah paket perangkat lunak CAD untuk desain dan perancangan 2D. Edisi profesional QCad adalah versi NonFree yang dapat digunakan secara penuh pula dalam versi ujicoba dengan waktu terbatas. Ada pula versi komunitas yang dilisensikan dibawah GPL. Anda dapat mengunduh QCad versi komunitas secara bebas.

Tampilan FreeCad

FreeCAD adalah program bebas dan Open Source untuk 3D CAD/CAE. Dikembangkan dengan OpenCascade, Qt dan Python. Konsep fitur utamanya seperti macro recording, workbench, dapat dijalankan sebagai server dan secara dinamis dapat memuat ekstensi aplikasi. Tersedia untuk versi Windows, Mac dan Linux.

Tampilan VariCad

VariCAD adalah program 3D/2D CAD yang utamanya ditujukan untuk desain rekayasa mekanik. VariCAD menyediakan dukungan bagi parameter dan tekanan geometrik, perangkat untuk kerangka, jalur pipa, sheet metal unbending dan uji hantaman, assembly support, pustaka bagian-bagian mekanis dan simbol, kalkulasi, harga material dan banyak lagi. VariCAD bersifat non-free, aplikasi proprietary dengan paket untuk Windows dan Linux sudah tersedia.

Tampilan Open Cascade Technology

Open CASCADE Technology adalah platform perangkat lunak pengembangan permukaan 3D dan pemodelan benda solid, visualisasi, pertukaran data dan pengembangan rapid application.Open CASCADE Technology tersedia secara bebas untuk diunduh dan dilisensi dibawah Open CASCADE Technology Public License yang diklaim oleh pengembangnya mirip dengan LGPL dengan beberapa perbedaan tertentu.. Proyek Debian telah mempertimbangkan lisensi tersebut sesuai dengan panduan Free Software Debian dan telah menerima Open CASCADE masuk ke dalam arsip utama mereka.

Tampilan CycasCAD

CYCAS  adalah aplikasi CAD 2D/3D untuk Windows dan Linux yang menawarkan elemen dan teknik khusus untuk desain arsitektur yang terpisah dari teknik CAD normal.CYCAS memperkenankan penanganan elemen 2D dan 3D secara intuitif dan tidak rumit. CYCAS bersifat non-free dan proprietary.

Tampilan City Engine 3D CAD

CityEngine adalah aplikasi pemodelan  3D yang dikhusukan untuk generasi lingkungan urban tiga dimensi. Fitur utama CityEngine menyertakan dukungan data GIS/CAD, tampilan kota yang dinamis, Pola jalan raya, Pemodelan Peta Kota, Format standar Industri 3D dan banyak lagi. CityEngine berifat non-free dan tersedia untuk Windows, Mac dan Linux.

BRL-CAD adalah sistem pemodelan benda solid Open Source yang dapat berjalan lintas platform. Menyertakan pengeditan geometri yang interaktif, penjejak cahaya performa tinggi untuk rendering dan analisa geometri, perangkat pemrosesan image dan sinyal, perangkat analisa benchmark performa sistem, pustaka untuk representasi robust geometric, dengan lebih dari 20 tahun pengembangan aktif. BRL-CAD bebas untuk diunduh dan cocok untuk hampir semua platform yang ada.

Beberapa Aplikasi CAD yang lain

(Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog http://tanyarezaervani.wordpress.com)

About these ads