Digitizor.Com – Dalam sebuah posting blog, John Luther, Manajer Proyek WebM Google, telah mengumumkan bahwa Skype kini mendukung codec VP8. Dukungan untuk VP8 telah tersedia untuk pengguna Windows yang menggunakan Skype 8.8. VP8 akan digunakan untuk enkoding dan dekoding panggilan video Skype jika penelepon dan penerima panggilan menggunakan client yang mendukung codec tersebut.

VP8 adalah codec Video yang dikembangkan oleh On2 Technologies. Setelah Google mengakuisisi perusahaan tersebut, Google menjadikan codec tersebut sebagai Open Source. VP8 saat ini digunakan oleh proyek WebM – dimana Mozilla dan Opera juga mengambil bagian – dalam rangka mengembankan kontainer video yang akan digunakan pada HTML5.

Berikut yang disampaikan oleh John Lutter di blognya :

Skype merupakan pendukung awal codec VP8, dan kami sungguh sangat gembira mengetahui bahwa jutaan penggunanya akan memperoleh manfaat dari kualitas dan penampilannya yang superior saat melakukan panggilan Video.

VP8 dan WebM menerima tantangan berat dari MPEG-LA. MPEG-LA mengklaim bahwa kedua codec tersebut melanggar paten anggotanya. Yang menarik adalah bahwa Microsoft adalah juga bagian dari MPEG-LA.

Jadi saat ini kita mendapati bahwa  sebuah perusahaan yang sudah diakuisisi oleh Microsoft mendukung sebuah codec video dimana Microsoft dan para rekannya di MPEG-LA sedang mempermasalahkan patennya. Sungguh hal yang menarik untuk diikuti.

(Terjemah Bebas oleh pengelola Blog http://tanyarezaervani.wordpress.com)

About these ads