Ngobrol dengan Jeff Hoogland, Pengembang Bodhi Linux

Wawancara oleh : By Craciun Dan (tuxarena.com)

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog http://tanyarezaervani.wordpress.com

Saya berpeluang melakukan kontak beberapa saat dengan Jeff Hoogland, pimpinan pengembang Bodhi Linux, dan menanyakan beberapa pertanyaan tentang distro yang dia buat tersebut.

TuxArena: Hi Jeff. Terima kasih atas waktunya untuk ngobrol dengan kita tentang Bodhi Linux.

Jeff: Kapan saja – Saya selalu senang untuk berdiskusi tentang proyek yang saya terlibat di dalamnya.

TuxArena: Apa posisi anda di Bodhi ? Apakah anda seorang programmer profesional, atau anda membuatnya hanya untuk kesenangan ? Berapa banyak pengembang yang terlibat ?

Jeff: Saya adalah pimpinan pengembang sekaligus manajer proyek di Bodhi. Saya berperan dalam membuat disc image yang akan diunduh oleh pengguna dan mengawasi  hal-hal yang terjadi di dalam komunitas kami. Saya sesungguhnya adalah matematikawan profesional, bukan seorang programmer. Saya masihlah seorang mahasiswa pasca sarjana dan Bodhi adalah proyek yang saya lakukan di waktu luang.

Selain diri saya sendiri kami memiliki delapan pengembang lain yang bekerja untuk proyek ini. Yang saya maksudkan pengembang adalah mereka berkontribusi mengkoding beberapa proyek open source yang digunakan di distro Bodhi. Team Bodhi  sesungguhnya lebih banyak yang bukan merupakan pengembang. Kami juga memiliki satu orang yang bertugas merawat server, tiga desainer yang merancang tema dan website dan dua puluh orang penerjemah. Dan banyak lagi bantuan untuk tugas-tugas ringan yang juga kami terima.

TuxArena: Bisa ceritakan kepada kami, apa itu Bodhi Linux ? Apa tujuannya dan apa perbedaannya dengan distro lain ?

Jeff: Bodhi kami sebut sebuah “desktop minimalis dan ringan”. Hal utama yang membedakan kami dari distro Linux yang lain adalah penggunaan Enlightment Desktop sebagai antarmuka utama kami. Deskripsi minimalis yang kami maksudkan merujuk pada jumlah aplikasi yang bisa anda temukan di Bodhi secara default. Selain Enlightment Desktop, kami juga menyertakan file manager, web browser, text editor dan synaptic package manager.

Tujuan utama kami adalah menyediakan desktop yang fungsional serta ringan dan elegan.

TuxArena: Kapan dan Mengapa anda mulai mengembangkan Bodhi ?

Jeff: Pengembangan Bodhi dimulai baru beberapa waktu yang lalu, tepatnya di bulan November 2010. Alasan saya memulai pengembangan Bodhi adalah pada waktu itu belum banyak distro yang menawarkan desktop Enlightment dengan cara yang elegan. Maka Bodhi mengambil bagian itu.

TuxArena: Distro anda relatif baru, tetapi sudah terdaftar dan dibuatkan reviewnya di DistroWatch, yang juga menempatkannya di posisi yang bagus. Bagaimana anda melihat kesuksesan itu dan perbandingannya dengan distro lain yang lebih populer dan lebih tua ? Atau ini bukanlah tujuan sebenarnya, dikarenakan spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan  untuk menjalankan Bodhi cukup rendah ?

Jeff: Team Bodhi dan saya sendiri gembira dengan jumlah cakupan yang kami dapatkan. Sejumlah respon positif mengatakan kepada kami bahwa pada kenyataannya ada permintaan akan distro yang cepat dan elegan di dunia saat ini. Kritik tentu juga ada dan itu sangat penting. Tidak diragukan lagi bahwa Bodhi berada dalam kondisi seperti saat ini karena adanya feedbacak dari para reviewers dan para pengguna kami.

Tentang ranking kami di DistroWatch – saat ini kami berada di ranking ke 32 dalam rentang traffic enam bulan. Hal lain yang membuat kami gembira adalah bahwa sistem operasi yang kami rancang berhasil masuk ke dalam daftar hanya dalam waktu empat bulan. Saya pernah membayangkan kami akan masuk ke daftar tersebut jika kami bekerja keras selama enam bulan dan akan berada di posisi dua puluh besar di DistroWatch.

TuxArena: Pengguna jenis apa yang anda targetkan ?

Jeff: Bodhi ditujukan untuk pengguna yang tertarik pada Enlightment desktop dan mereka yang ingin sistemnya bersih dari hal-hal yang bisa mengacaukan segalanya. Popularitas kami yang berkembang menunjukkan bahwa ada permintaan dari dua pengguna jenis itu. Kami percaya bahwa pengguna cukup pintar untuk membuat pilihan mereka sendiri. Kami tidak mengunci desktop anda dan membuatnya menjadi sulit seperti beberapa yang dilakukan pada beberapa desktop terbaru (seperti Gnome3 dan Unity).

TuxArena: ISO image Bodhi berukuran hanya 382 MB. Apakah itu termasuk instalasi dan LiveCD yang bisa digunakan untuk mencoba tanpa harus menginstall apapun ?

Jeff: Betul, itu termasuk instaler dan LiveCD.

TuxArena: Bodhi Linux secara default menggunakan Enlightenment desktop. Apakah ia mendukung lingkungan desktop yang lain juga ?

Jeff: Kami tidak secara resmi mendukung desktop yang lain – Saya tahu adalah beberapa orang yang menginstall LXDE dan XFCE di Bodhi dengan tanpa masalah

Catat bahwa saya membuang LXDE seiring dengan tidak disertakannya dalam default Bodhi. Kami menggunakan beberapa perangkat dari LXDE, tetapi Bodhi sendiri bukan merupakan desktop LXDE secara penuh.

TuxArena: Bisa ceritakan kepada kami komponen-komponen utama Bodhi, dari sisi pandang pengguna. Apa aplikasi utama yang disertakan secara default di ISO intalasi ?

Jeff: Baik, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kami mengemas aplikasi dengan jumlah yang cukup sedikit. Kami mengemas  didalamnya Enlightment Desktop, Midori 0.3.6 (versi terakhir), Leafpad text editor dan file manager PCMan FM

TuxArena: Rilis stabil terakhir berbasis pada Ubuntu 10.04 LTS. Apakah anda menyediakan repositori tersendiri untuk perangkat lunak yang ada ? Bagaimana dengan updatenya ?

Jeff: Meskipun kami membasiskan Bodhi pada rilis Ubuntu LTS, itu tidak berarti bahwa pengguna Bodhi tertinggal dengan perangkat-perangkat lunak yang sudah berusia lama. Tidak seperti yang dilakukan oleh derivatif Ubuntu, kami merawat repository kami sendiri (tidak hanya PPA) guna menyediakan update perangkat lunak bagi para pengguna kami. Selain versi Enlightment Desktop yang ada, kami juga mengemas versi dengan beberapa perangka lunak lain termasuk browser Firefox dan Chromium.

TuxArena: Apakah anda memiliki siklus rilis tertentu ?

Jeff: Pada Bodhi kami memiliki rilis mayor dan rilis minor. Rilis minor kami (rilis point) muncul setiap 3 bulan untuk membuat LiveCD kami tetap up to date. Rilis mayor muncul setiap dua tahun untuk dikembangkan diatas Ubuntu LTS versi terbaru. Ini berarti rilis mayor Bodhi berikutnya akan muncul pada tahun 2012 dengan basis Ubuntu 12.04 LTS.

TuxArena: Bagaimana peran komunitas pengembang di Bodhi ? Apakah anda mendengarkan masukan, merekrut pengembang baru dan membuat konferensi IRC ?

Jeff: Komunitas adalah sangat penting dalam pengembangan Bodhi. Sebuah komunikasi yang bagus dan diskusi ide yang terjadi di forum-forum kami, sebagaimana kami juga memiliki channel IRC. Kami selalu mencari pengembang baru atau anggota team – jika anda tertarik silahkan langsung kontak kami

TuxArena: Terakhir, apa yang menyebabkan anda memilih nama Bodhi ? Darimana nama itu berasal ?

Jeff: Nama “Bodhi” berarti “Pencerahan” (Enlightment). Saya sesungguhnya mendapatkan nama tersebut ketika melakukan Googling untuk mencari sinonim untuk kata Enlightenment.

TuxArena: Terima kasih Jeff, dan semoga kesuksesan menyertai anda dalam pengembangan Bodhi

Jeff: Terima kasih

About these ads