Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Website Pengguna Microsoft IIS Menurun ke Level Sebelum tahun 1998

Digitizor.Com – Berdasarkan Survey Web Server dari Netcraft, persentase website yang menggunakan menurun dengan cepat. Survey Netcraft mencakup jumlah sekitar 340 juta website.

Persentase website yang menggunakan Microsoft IIS telah menurun sedemikian rupa hingga saat ini berada pada level yang sama seperti sebelum tahun 1998. Dalam periode satu bulan antara Mei dan Juni 2011, Microsoft IIS kehilangan sekitar 1,4 juta host names, sementara Apache meningkat sebanyak 21 juta host name.

Market share Microsoft IIS turun sekitar hanya 16 %. Apache kini memiliki market share sekitar 65 % dan merupakan satu-satunya perangkat webserver besar yang tersisa. Perangkat lunak lain semacan nginx juga menurun market share-nya pada periode Mei – Juni 2011, tetapi tidak sebanyak yang terjadi pada Microsoft IIS.

Grafik diatas, bagaimanapun juga, memiliki kekurangan cukup fatal. Ia mencantumkan jumlah dari parked domain. Ini berarti dapat dengan mudah dipengaruhi oleh perubahan perangkat lunak oleh domain registrar. Suatu representasi yang lebih realistik dapat diperoleh dengan hanya menyertakan domain aktif. Netcraft juga mempublikasikan grafik berikut yang hanya menyertakan 1 juta domain yang teratas.

Grafik yang kedua ini menceritakan sisi yang berbeda. Walau menunjukkan penurunan pengguna Microsoft IIS, tetapi juga menampilkan nilai penurunan yang lebih realistis. Dengan market share Apache yang konstan, adalah menarik melihat bahwa pangsa pasar Microsoft IIS ternyata diambil alih oleh nginx yang meningkat sekitar 1 % hingga 7 % dalam waktu sekitar 30 bulan.

Anda dapat melihat laporan NetCraft selengkapnya disini

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog http://tanyarezaervani.wordpress.com

About these ads